Kamis, 27 November 2014

Makalah Kerajaan mataram kuno dan dinasti isana di jawa timur



                                                             Kata Pengantar

            Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat tuhan yang maha esa, yang Maha pengasih lagi Maha penyayang atas limpahnya . berkat dan rahmatnya sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “ Kerajaan Mataram Kuno dan Dinasti Isana di Jawa Timur ini dengan lancer.
            Mata pelajaran sejarah ini memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga bagi para peserta didik wajib berusaha dan belajar dengan giat.
            Semoga makalah ini bermanfaat untuk kita semua , Khususnya kami penyusun makalah :
1.     ITA MASRUROH
2.     MELI HERLINA
3.     MUHAMAD ILYAS
4.     MUHAMAD ARIFIN
5.     WASITO

        “ Jika ada kritik dan saran yang membangun , sangatlah kami harapkan “  



                                                 Daftar Isi
Kata pengantar                                                                                                                           
Daftar Isi
Motivasi
Kerajaan Mataram Kuno ...............................................................1
Kehidupan Politik.......................................................................... 2
    Kehidupan Sosial Ekonomi ...........................................................3
Kehidupan Agama Dan Kebudayaan..............................................4
Dinasti Istana Di Jawa Timur ........................................................5
    Kehidupan Politik...........................................................................6
    Kehidupan Sosial Ekonomi ...........................................................7
Glosarium......................................................................................... 8
Daftar Pustaka .................................................................................9

 





Rantau Durian I November 2014
                       Penulis






MOTIVASI

Pada pertemuan ini kami selaku siswa akan 
mempelajari peristiwa sejarah yang kami bukukankedalam makalah 
yang berjudul “ Kerajaan Mataram Kuno dan Dinasti Isana di jawa Timur”. Semoga bisa diterima dengan baik dan Marilah kita pelajari Bersama – sama.  

Pembahasan I :
       ITA MASRUROH
4. KERAJAN MATARAM KUNO
                  Kerajaan ini terletak di Jawa Tengah dengan intinya disebut BUMI MMATARAM. Didaerah kerajaan mataram kuno di kelilingi banyak gunung Yaitu : gunung Sindoro, gunung Sewu, gunung , Merapi, Lewu, Sumbing, dan lain – lain.  Itulah sebabnya daerah kerajaan Mataram sangat subur dan cocok untuk bertani, Bertanam apa saja pasti akan menghasilkan hasil yang berlimpah , Oleh karena itu tanah nya yang subur .
                 Dibumi Mataram diperintah oleh Dua Wangsa atau Dinasti.                               Yaitu :     Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra  Dinasti Sanjaya Adalah Raja pertama  ( Wangsakarta ) , dinasti Sanjaya beragama Hindu berbeda dibagian Utara.
         Dinasti Syailendra beragama Budha berada dibagian Selatan.                          Kedua Dinasti ini berja sama dalam pembuatan Candi , mereka ingin mendirikan banyak Candi sebagai tempat pembangunan Suci, bekerja sama dan saling membantu sama lain untuk mendapatkan hasil yang sempurna .
        Tetapi dibidang politik terjadi perebutan kekuasaan yang sangat dahsyat, tidak ada dari salah satu pihak yang mau mengalah dan tidak mau bekerja sama karena hati mereka diiringi oleh rasa ketidak puasan yang mereka dapatkan selama ini.
Ada 3 kehidupan yang ada dikerajaan Mataram Kuno Yaitu :
A.    KEHIDUPAN PILITIK
B.    KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI
C.     KEHIDUPAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN

                     Yang akan di bahas selanjutnya.
                
  

Pembahasan 2 :
                               MELI HERLINA

A.      KEHIDUPAN POLITIK

            Pada awal mulanya yang berkuasa di MATARAM adalah Dinasti sanjaya . Bukti adanya Dinasti Sanjaya. Bukti adanya kerajaa Mataram Kuno di Jawa Tengah dapat di ketahui dari Prasasti Canggal yang ditemukan di Kaki Gunung Wungkir Magelang.

             Canggal adalah Pendiri sebuah lingga bukit Stirangga buat keselamatan rakyat.
Sanjaya iayalah : Prasasti Matyasin atau Prasasti kedua yang dibuat oleh
Raja Belitung.
Raja – raja yang pernah memerintah di dalam prasasti :
1.     )   Sanjaya                                    6. )  Pikatan
2.     )   Penangkaran                         7. )  Kaya wangi
3.     )   Penunggalan                         8. )  Watu humulan
4.     )   Garung                                    9. )  Balitung

Prasasti Dinaya di Jawa Timur tahun 706 yang mendirikan tempat pemujaan dewa Agastya atau perwujudtan Siwa sebagai Maha Guru.
Prasasti Kalasan thn 778 M berhasil membujuk penangkaran untuk mendirikan bangunan Suci penangkaran juga menghadiahkan desa Kalasan kepada Sangha.

           Prasti Belitung thn 907 dengan demikian dapat disimpulkan pada waktu itu dinasti Sanjaya dan Syailendra bersama – sama berperan di Jawa Tengah ,. Dinasti Sanjaya dibagian Utara dengan mendirikan candi Hindu , seperti , Gedong Sanga di Ungaran, Candi Dieng di dataran tinggi aceh.
           Dinasti Sanjaya di bagian Selatan dengan mendirikan Candi Budha seperti  Borobudur, Mendut.

         Prasati Klurak thn 782 disebut tentang perbuatan Arca Majusri sebagain perwujudta Budha. Rajaya ialah Indra , pengganti Idra ialah Smara Tungga thn 824.

         Nama Sri Kahulunan , Sri Pikatan , Sri Kahulunan adalah gelar pramadhawardani Pegunungan selatan yang terkenal dengan Istana Ratu Bako berusaha untuk merebut kekuasaan .
  

Pembahsan 3 :
                              MUHAMAD ILYAS

A.    KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI

               Pusat kerajaan Mataram  kuno terletak dilembah Sungai Progo, Meliputi Daratan Manggelang, Muntilan, Sleman dan Yogyakarta.
Daerah ini sangat subur sehingga rakyat menggantungkan kehidupanya pada hasil pertanian, hal ini mengakibbatkan banyak kerjaaan – keerajaan serta daerah lain yang saling meng-ekspor meng-impor hasil pertanianya.  Usaha untuk meningkatkan dan mengakibatkan hasil pertanian telah dilakuakan sejak pemerintahan Rakai Kayuwangi.
               Usaha pertanian juga mulai mendapat perhatian ketika raja Belitung berkuasa .  raja telah memerintahkan untuk membuat  pusat – pusat perdagangan serta penduduk di sekitar kanan – kiri aliran sungai Bengawan Solo dipemerintahan untuk menjamin kelancaran arus laju lintas perdagangan melalui aliran sungai tersebut.
               Sebagai imbalanya penduduk desa di kanan – kiri sungai tersebut dibebaskan dari pungutan pajak . lancarnya pengangkutan perdagangan melalui sungai tersebut denga sendirinya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat mataram kuno .

Pembahasan 4 :
                               MUHAMAD ARIFIN

B.    KEHIDUPAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN

              Bumi Mataram dipemerintahan oleh Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra , pusat kekuasaan dinasti Sanjaya di Utara hasil budayanya berupa Candi – candi,  sedangkan pusat kekuasaan dinasti Syailendra deseblah Selatan, hasil budayanya berupa candi Borobudur , Mendut dan Pawon .

              Semua terjadi perebutan kekuasaan namun kemudian terjalin                                kesatuan ketika terjadi perkawinan antara pikatan ( Sanjaya ) beragama Hindu dengan pramodhawardani ( Syailendra ) beragama Budhga.

              Sejak itu agama Hindu budha hidup berdampingan secara damai .
Hal ini menunjuknya betapa besar jiwa toleransi bangsa Indonesia . Toleransi ini merupakan kepribadian bangsa Indonesia yang wajib kita lestariakan agar tercipta kedamaian , ketentraman, kesejahteraan dan kemakmuran.


Pembahasan 5 :
                               WASITO

C.     DINASTI ISTANA DI JAWA TIMUR

              Pada abad ke 10 pusat pemerintahan di Jawa Tengah dipindahkan di Jawa Timur karena beberapa faktor . pendapat lama mengatakan karena meletusnya ujung Merapi sedangkan pendapa baru menyatakan ada dua faktor  yaitu :
1.     Keadaan bumi Mataram tertutup secara ilmiah dari dunia luar sehingga sulit berkembang . alam Jawa Timur lebih terbuka untuk mengembangkan aktifitas perdagangan dengan dunia lura.
2.     Masalah Politik, yaini untuk menghindari serangan Sriwijaya.

  A ) Kehidupan Politik
                   Pemindahan kerajaan ke Jawa Timur dilakuak oleh Raja Empu Sendok , yakni Sri Naharaja Hake Hino Sri Isnawikarma Tungga Dewa, wilayah kekuasaan Empu Sendok meliputi Nganjuk ( Barat ),  Pasuruhan ( Timur ), Surabaya ( Utar ), dan Malang ( Selatan ), pada tahun 929 – 947 dengan pusat pemerintahan diwaktu Galuh.
           Setelah Empu Sendok meninggal kemudian digantikan oleh putrinya yakni Sri Isanatunggawijaya, yang menikah Lokapala , dan melahirkan putra yang bernama Makutawang Sawardana sebagi penerus tahta ibunya, dan kemudian digantikan oleh Dharmawangsa ( 990 – 1016 ).
            Pada saat itu pusat perdagangan dikuasai oleh Sriwijaya dan Dharmawangsa bermaksud menyerang Sriwijaya namun Sriwijaya bangkit dan menyerang balik  dan bekerjasama dengan kerajaan Worawari ( kerjaan di Jawa ).
Worawori menyerang pada saat Dharmawangsa  melangsungkan upacara pernikahaan putrinya dengan Airlangga ( 1016 ) putra raja Bali Dharmawangsa berserta petinggi istana tewas. Namun airlangga dan istrinya berhasilkan melarikan diri beserta pelayan setia Narotama, dan bebrapa pendeta menuju huta Wonogiri .
            Selam 3 tahun ( 1016 – 1019 ) Airlangga digembleng lahir batin oleh pendeta dan Airlangga pun bersedia dinobatkan sebagai Raja dengan gelar Sri Maharaja Rake Halu Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Ananta Wikarma Tungga Dewa. Tugas Airlangga ialah mengembalikan kekuasaan seperti pada zaman Dharmawangsa berhasil dengan baik. Ibu kota kerajaan yang sebelumnya berada dihutan mas, dipindahkan ke khuripan ( 1037 )
          Pada tahun 1042 Airlangga mengundurkan diri dari tahta dan menjadi petapa dengan nama Jatinindra atau Resi Jatayu. Sebelumnya Airlangga ingin menobatkan putrinya, Sri Srangamawijaya untuk menjadi raja. Namun ditolak karena ia ingin menjadi petapa yang dikenal dengan nam Dewi Kili Suci . Akhirnya kerajaan Airlangga dibagi menjadi dua yakini Janggala dengan Ibu Kota Khuripan dan Penjalu yang dikenal dengan nama Kediri untuk kedua putrinya dari istri Selir ( Istri Ke 2 ) Janggala diperintah oleh Garasakan, sedangkan Kediri diperintah oleh Samarawijaya.


Pembahasan 6 :
                               ITA MASRUROH

B ) KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI

            Kehidupan social dan ekonomi masyarakat kerajaan di Jawa Timur ini cukup baik, karena Raja – raja memerintah dengan sangat bijaksana, adil dan rendah hati, jadi seluru masyarakatnya bisa hidup dengan nyaman makmur serta berkecukupan tidak hanya itu raja – raja juga memperhatikan masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat  yang  tidak mempunyai pekerjaan  dibantu , akhirnya mereka bisa hidup dengan bekecukupan, seperti sekarang ini Raja Airlangga yang memerintahkan untuk membuat tanggul diwaringin pitu (prasasti kalegen 1037) dan waduk dibeberapa bagian sungai.
            Selain itu airlangga juga mengairi sawah-sawah dan mengurangi bahaya banjir.
Didalam kehidupan sosial ekonomi  airlangga banyak sekali membantu masyarakat nya Beliau juga memajukan aktivitas prdagangan agar kerajaan-kerajaan bisa mengekspor dan mengimpor, bisa menjual dagangannya keluar kota. Tidak hanya itu airlangga juga mengadakan perbaikan pelabuhan agar kelancaran arus lalu lintas perdagangan semakin lancar tidak ada hambatan sedikitpun. Banyak pelabuhan yang di perbaiki
Seperti :
            Pelabuhan ujung  galuhyang letaknya disungai brantas.
            Pelabuhan kembang putih yang letaknya dituban diberikan hak-hak istimewa. Yang sangat luar biasa.

Kesimpula :
              Masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha mempengaruhi kehidupan masyarakat dalam berbagai segi kehidupan termasuk dalam kehidupan politik.
                               Kehidupan social ekonomi
                               Kehidupan agama dan kebudayaan.




GLOSARIUM

Agama                  : ajaran / sistem yang mengatur tat  keimanan dan           
                               peribadatan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Ekonomi              : tata kehidupan perekonomian suatu Negara.

Hindu                  : Agama yang berkitap suci Weda.

Kebudayaan       : Hasil cipta, kuasa yang dijadikan milik pribadi 
                            seseorang     memulai proses belajar.

Kerajaam           : bentuk pemerintah yang dikepalai oleh seorang raja.






                                                                   Daftar pustaka


ITA MASRUROH, 2014 Sejarah Umum. Rantau Durian I, MA. BAITUROHMAN (Sekunci)
MELI HERLINA,2014 Sejarah Umum. Rantau Durian I, MA. BAITUROHMAN (Batu Jaya)
MUHAMMAD ILYAS,2014 WWW.gogle.COM. Rantau Durian I, MA. BAITUROHMAN (Bangunan)
WASITD,2014 Sejarah Umum. Rantau Durian I, MA. BAITUROHMAN (Sekunci)
 





























                                                                             Daftar pustaka

ITA MASRUROH, 2014 Sejarah Umum. Rantau Durian I,
 MA. BAITUROHMAN (Sekunci)
MELI HERLINA,2014 Sejarah Umum. Rantau Durian I, 
MA. BAITUROHMAN (Batu Jaya)
MUHAMMAD ILYAS,2014 WWW.gogle.COM. Rantau Durian I,
 MA. BAITUROHMAN (Bangunan)
WASITD,2014 Sejarah Umum. Rantau Durian I,
 MA. BAITUROHMAN (Sekunci)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2012. Mr agus - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz